Terkini

Pages

Categories

Search



Kapolres Bangka Tengah : “Dengan dilaksanakannya Apel Tiga Pilar, Mari Wujudkan Situasi Kamtibmas Yang Aman di Bangka Tengah”

Kapolres Bangka Tengah : “Dengan dilaksanakannya Apel Tiga Pilar, Mari Wujudkan Situasi Kamtibmas Yang Aman di Bangka Tengah”

by
Februari 1, 2018
BAG OPS, HEADLINE, POLISI KITA
No Comment

Koba, Pada Hari Kamis (01/2) Polres Bangka Tengah melaksanakan Apel 3 Pilar yang ikuti oleh para Bhabinsa, Bhabinkamtibmas dan seluruh Kepala Desa se – Kabupaten Bangka Tengah dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di Wilayah Kabupaten Bangka Tengah yang bertempat dihalaman Apel Polres Bangka Tengah.

IMG_3735

Yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Bangka Tengah. Akbp Edison Ludi Bard Sitanggang, S.I.K. Turut hadir dalam kegiatan apel 3 Pilar tesebut Bupati Bangka Tengah, Kajari Bangka Tengah, Danramil Koba dan Perwira Penghubung dari Kodim 0413/BKA yang mewakili Dandim, Dan Pos AL Koba.

Dalam amanat nya Kapolres Bangka Tengah AKBP Edison menyampaikan bahwa Peran dari para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa adalah ujung tombak dalam deteksi dini terhadap gangguan kamtibmas dimasyarakat. Bersinergi dalam menangani terjadinya konflik di masyarakt merupakan istilah dari tiga pilar. Tiga Pilar didalam lingkungan pemerintahan Desa/Kelurahan yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa/Lurah harus saling bersinergi dalam menghadapi konflik di masing – masing Desa seperti aksi terorisme, konflik sosial yang disebabkan adanya isu sara serta kejahatan lainnya yang dapat mengganggu situasi kamtibmas di Desa.

Untuk itu, dalam mensinergikan peran ketiga pilar tersebut maka harus memegang beberapa prinsip yang harus dilaksanakan secara bersama – sama yaitu komunikasi intensif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesaian masalah, komitmen mewujudkan kamtibmas dan membangun kemitraan.

Salah satu contoh yang dapat di aplikasikan oleh ketiga pilar ini bersama – sama masyarakat dalam menjaga keamanan dilingkungan sekolah adalah dengan menghidupkan kembali Poskamling. Tujuan diadakanya Poskamling itu sendiri adalah untuk menjaga keamanan kamtibmas di Desa. Aparat tanpa didukung peran serta masyarakat juga hasilnya tidak akan bisa maksimal, diharapkan dengan peran serta masyarakat makan akan lebih mudah menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan nyaman.

IMG_3736

Terakhir, dalam amanatnya Kapolres berpesan agar kepada masyarakat khususnya masyarakat Bangka Tengah agar tidak mudah terpancing terhadap info – info yang masih belum tahu kejelasannya, seperti isu Sara yang sekarang kerap kali meresahkan masyarakat dan dapat memecah belah masyarakat serta tidak mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal agar tidak menjadi korban kejahatan.

Setelah mendengarkan amanat dari Kapolres Bangka Tengah dilanjutkan dengan pembacaan Maklumat Kapolda tentang Netralitas Polri dalam Pilkada, oleh Kabag Ops Polres Bangka Tengah Kompol Sarwo Edi Wibowo, S.I.K, setelah pelaksanaan Apel pun Kapolres Bangka Tengah, Bupati Bangka Tengah, Kajari, Danramil Koba, Dan Pos AL beserta Kepala Desa se Kabupaten Bangka Tengah berfoto bersama.



Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *