Terkini

Pages

Categories

Search



AKBP Frenky Hadiri Tradisi Nganggung Warga Desa Belilik

by
November 17, 2017
BINKAM, GALERI, HEADLINE, NAMANG, POLISI KITA, POLSEK
No Comment

tribratanews.Polri.go.id – Bangka Tengah –  Nganggung merupakan tradisi yang sudah lama turun temurun di masyarakat Bangka Belitung yang biasanya dilakukan pada Hari Besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, Idul Adha, Nujuh hari meninggalnya warga dan hari besar Islam lainnya. Dengan membawa makanan lengkap di atas dulang (talam) yang ditutup dengan tudung saji yang berisi makanan seperti kue, nasi beserta lauk-pauknya dan buah-buahan dengan ciri khas ditutup  dengan tudung saji gabungan warna merah, kuning dan hijau.

Seperti yang digelar warga Desa Belilik Kecamatan Namang Kab. Bangka Tengah di balai desa tersebut, jum’at (17/11/17), dalam rangka nujuh hari meninggalnya salah satu warga desa, Kapolres Bangka Tengah AKBP Frenky Yusandhy, S.IK., MA., bersama Bupati Bangka Tengah dan Kapolsek Namang turut hadir Tradisi Nganggung ini. Sebelum acara dimulai AKBP Frenky menyampikan pesan – pesan kamtibmas pada Warga yang hadir pada acara tersebut.

2 - Copy

Selanjutnya kegiatan nganggung ini dimulai dengan mendengarkan nasehat dari pemuka agama, kemudian diikuti dengan zikir bersama dan dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin pemuka agama setempat, baru kemudian masyarakat menikmati hidangan yang telah dibawa.

3

AKBP Frenky Yusandhy, S.IK., MA., sangat mengapresiasi Tradisi Nganggung ini, menurutnya tradisi ini menunjukkan bahwa masyarakat Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah semangat bergotong royong sebagai bukti memiliki tali persaudaraan yang erat sehingga moment inilah yang menjadikan silaturahmi masyarakat tetap terjaga. (humas polres bateng)



Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *